Selasa, 18 Oktober 2016

Implan Syaraf Buatan Membuat Seorang Yang Lumpuh Dapat Merasakan Kembali

sipteh.blogspot.co.id ( Seputar Informasi, Pengetahuan dan tehnologi ) 


yo sahabat blogger di era modern ini semakin berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan, mulai dari hal hal kecil hingga hal hal yang diluar perkiraan. ya salah satunya tehnologi yang dapat membuat manusia yang mengalami kelumpuhan dapat merasakan kembali.







Inilah yang berhasil dikerjakan oleh para peneliti dari University of Pittsburgh dan University of Pittsburgh Medical Center di mana dengan penggunaan implan saraf, memungkinkan seorang lumpuh untuk merasakan lagi. Tentu ini pencapaian yang sangat baik bagi dunia medis maupun teknologi. 
Seorang pria berusia 30 tahun, Nathan Copeland lumpuh lebih dari satu dekade yang lalu, tetapi baru-baru ini berkat peneliti, ia mampu “merasakan” lagi dengan penggunaan elektroda yang ditanamkan ke korteks sensorik dari otaknya. Elektroda kemudian menerima sinyal dari lengan robot, yang memungkinkan dia untuk mengalami sensasi di jari-jari tangan kanannya yang lumpuh, sehingga secara efektif mampu melewati sumsum tulang belakang yang rusak. Sebelumnya, Copeland benar-benar memiliki sensor yang ditanamkan ke otaknya untuk memungkinkan pria tersebut dapat mengontrol lengan robot dengan pikiran, jadi percobaan ini adalah untuk melihat apakah sensor baru juga bisa memberinya rasa sentuhan. Seperti yang dilansir Ubergizmo, Jumat (14/10/2016), Copeland menggambarkan sensasi, “Aku bisa merasakan hampir setiap jari. Kadang-kadang terasa listrik, dan kadang-kadang tekanan, tetapi untuk sebagian besar, saya dapat memberitahu sebagian besar jari dengan presisi yang tepat. Rasanya seperti jari-jari saya semakin menyentuh atau mendorong sesuatu.” Namun teknologi ini masih dalam tahap awal pengembangan awal dan harus dikembangkan lagi di laboratorium untuk beberapa tahun kedepan, tetapi hasil pengujian ini menjajikan kita sesuatu yang sangat baik.

Bagi yang penasaran bagaimana proses implan tersebut sahabat blogger dapat melihat videonya dibawah ini :



0 komentar:

Posting Komentar

Dalam sebuah kritik, terdapat pesan untuk memperbaiki tindakannmu.
Mohon kritikan dan saran, terimakasih